Kamis, 12 Maret 2015

PROFIL SEKOLAH



Sejarah Singkat SMK N 1 Jamblang

SMK NEGERI 1 JAMBLANG


 SEJARAH SINGKAT SMKN 1 JAMBLANG

       Dalam mensikapi AFTA (Asean Free Trade Area) tahun 2003 yang lebih dikenal dengan Pasar Bebas Asia Tenggara, Pemerintah Indonesia membuat Kebijakan dalam mempersiapkan  tenaga-tenaga kerja siap pakai pada Dunia Industri atau Dunia Usaha satu diantaranya adalah memperbanyak Lembaga Pendidikan dalam hal ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Target tahun 2014 perbandingan jumlah SMK dengan SMA adalah 70% berbandinng 30%. Tahun 2014
       Demikian pula Kebijakan tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon, pada tahun 2004 melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon  membangun Unit Sekolah Baru (USB) berupa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) yang berlokasi di Kecamatan Klangenan dengan nama SMK Persiapan Negeri 1 Klangenan.
      Pada tanggal 20 Juli 2004 SMK Persiapan Negeri 1 Klangenan menerima siswa baru sebanyak 3 (tiga) rombongan belajar (rombel) ; yakni 1 (satu) rombel Program Keahlian Pemanfaatan Tenaga Listrik (PTL) dan 2 (dua) rombel program keahlian Teknik Mekanik Otomotif (TMO). Masing-masing rombel berjumlah 40 siswa.Adapun Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) dalam memimpin SMK Persiapan Negeri 1 Klangenan adalah Bapak Drs.H.Noni Sukirno ,M.Pd yang saat itu beliau masih memangku jabatan  Kepala SMKN 1 Mundu. Dalam Kegiatan Belajar  Mengajar/KBM pada saat itu meminjam tempat belajar sementara di SMK PGRI 2 Palimanan dikarenakan Gedung Sekolah masih dalam proses pembangunan.
      Pada tahun 2005 tepatnya tanggal 20 April 2005, Bupati Cirebon mengangkat Kepala Sekolah Definitif melalui Surat Keputusan Nomor 812.28/Kpts/05/BKD/2005 kepada Bapak Drs.Bangbang Nugraha,M.M.Pd  untuk memimpin SMKN 1 Klangenan.
      Pada bulan April 2005, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pindah di Gedung Baru SMKN 1 Klangenan yang sudah rampung proses pembangunannya.
      Pada tahun 2006 dilaksanakan Pemekaran Kecamatan Klangenan menjadi dua yakni Kecamatan Klangenan dan Kecamatan Jamblang, dikarenakan Gedung SMK berada pada wilayah Kecamatan Jamblang, maka nama sekolahpun berubah dari SMKN 1 Klangenan menjadi SMKN 1 Jamblang. Proses perubahan nama tersebut berlaku pada Januari 2007 hingga saat ini.
      Pada bulan Nopember 2012 mengalami pergantian tampuk kepemimpinan kepada SMKN 1 Jamblang dari Bapak Drs.Bangbang Nugraha,M.M.Pd kepada Bapak Drs.Toto Sunarto .
      Selama satu dekade berlangsung kemajuan  SMKN 1 Jamblang sangat pesat awalnya 3 (tiga) rombel dan 2 (dua) program keahlian sekarang sudah mencapai 46 rombel dan 6 paket keahlian. Adapun paket keahlian yang ada saat ini ;
  • Teknik Gambar Bangunan (TGB)
  • Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  • Teknik Sepeda Motor (TSM)
  • Teknik Otomasi Industri (TOI)
  • Teknik Komputer & Jaringan (TKJ)
  • Perbankan (PBK)

 Visi dan Misi SMK Negeri 1 Jamblang


Sekolah berpenampilan unggul merupakan alternatif baru dalam pendidikan yang menekankan kepada kemandirian dan kreatif sekolah yang memfokuskan pada perbaikan proses pendidikan.
Sekolah berpenampilan unggul memerlukan upaya pemberdayaan sekolah dalam meningkatkan kegiatannya dalam menyampaikan pelayanan yang bermutu kepada murid. Untuk itu sekolah yang berpenampilan unggul atau kinerja unggul menempatkan sumber-sumber informasi, pengetahuan dan keterampilan, dalam upaya perbaikan sekolah. 
Penggunaan sumber-sumber informasi, metode belajar mengajar, pada pengambilan keputusan struktur kepemerintahan atau birokratis sangat menentukan sekolah berpenampilan unggul. Selain itu sistem akuntabilitas diyakini sebagai faktor utama yang mempengaruhi sekolah unggul.
Beberapa indikator yang menunjukan sekolah berpenampilan unggul yaitu sebagai berikut :
  • Sekolah memiliki visi dan misi untuk meraih prestasi
  • Semua personel sekolah memiliki komitmen yang tinggi untuk berprestasi
  • Adanya program pengadaan staf sesuai dengan perkembangan iptek
  • Adanya kendali mutu yang terus menerus
  • Adanya perbaikan mutu yang berkelanjutan
  • Adanya komunikasi dan dukungan intensif dari orang tua murid dan         masyarakat.
Atas dasar itu dalam mewujudkan terselenggaranya pendidikan dan pelatihan SMK Negeri 1 Jamblang memiliki Visi dan Misi :
V  I  S  I   :
Menjadikan SMK Negeri 1 Jamblang sebagai sekolah berstandar mutu internasional dalam manajemen, pembelajaran dan evaluasi, hubungan kerja sama dengan Dunia Usaha dan Industri yang berlandaskan iman dan taqwa untuk menjadikan insan cerdas, berkarakter, dan kompetitif
M  I  S  I   :
  1. Mengembangkan diri sebagai pusat pendidikan bidang kejuruan yang dipercaya oleh masyarakat, Dunia Usaha dan Industri di tingkat internasional.
  2. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi, berakhlak mulia serta menumbuh kembangkan budaya lokal sebagai akar budaya nasional.
  3. Melayani masyarakat untuk mendapatkan keterampilan kerja berstandar internasional.
T U J U A N  :
  1. Memberdayakan secara optimal semua potensi sumber daya sekolah dalam rangka mewujudkan pelayanan prima pada masyarakat dengan memberikan perlakuan yang sama
  2. Meningkatkan pelayanan diklat / KBM
  3. Membuadayakan disiplin kerja dan belajar untuk semua warga sekolah
  4. Meningkatkan kesejahteraan warga sekolah sesuai kemampuan lembaga dan memupuk sikap peduli sosial
  5. Meningkatkan profesionalisme kepala sekolah, guru-guru dan staf TU melalui pembinaan dan penataran baik di dalam atau di luar sekolah
  6. Meningkatkan pelayanan pembinaan siswa melalui layanan BP/ BK, kegiatan ekstrakulikuler, kegiantan pembinaan keagamaan dan lain-lain
  7. Mengoptimalkan kegiatan Unit Produksi sebagai alternatif dalam upaya memfasilitasi kegiatan sosial baik di dalam maupun di luar sekolah
  8. Meningkatkan kerja sama dengan Dunia Usaha / Dunia Industri (DU/DI) dan instansi terkait
KEBIJAKAN MUTU  :
  1. Senantiasa menyempurnakan program pendidikan sesuai dengan tuntutan perkembangan dan kemajuan zaman serta budaya bangsa
  2. Senantiasa meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan/ steakholder
  3. Menerapkan Sistem Manajemen Mutu Terpadu (ISO  9001 : 2008).
  4. Melaksanakan evaluasi berkelanjutan secara berkala guna tercapainya tujuan sesuai dengan yang ditetapkan
  5. Senantiasa menjaga nama baik almamater, dengan berprilaku jujur, disiplin, mandiri di manapun berada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong berkomentar sesuai dengan artikel yang ada.